Dec, 28 2016
Syarat & Ketentuan
Selamat datang di Babypapayaid. Babypapayaid adalah situs belanja online yang menyediakan kebutuhan baby terlengkap di Indonesia. Dengan mendaftar, mengakses atau menggunakan layanan, anda menyatakan bahwa Anda telah membaca, memahami dan setuju untuk terikat oleh ketentuan yang diberlakukan oleh Babypapayaid.
A. DEFINISI
- PT. Citra Makmur Retailindo adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.babypapaya.id, yakni situs pencarian produk kebutuhan bayi terlengkap yang di sebut babypapayaid
- Situs Babypapaya adalah www.babypapaya.id
- Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Babypapayaid yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Babypapayaid, serta tata cara penggunaan sistem layanan Babypapayaid.
- Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh di Situs Babypapayaid.
- Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
- Rekening Resmi Babypapayaid adalah rekening bersama yang disepakati oleh Babypapaya dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di Situs Babypapaya.
B. AKUN, PASSWORD DAN KEAMANAN
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
- Babypapayaid tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
- Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai Pembeli
- Babypapayaid tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, penghapusan Barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
- Babypapayaid memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Babypapaya.
- Babypapayaid memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan saldo Babypapayaid Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Babypapayaid.
- Babypapayaid tidak akan meminta password akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Babypapayaid menghimbau Pengguna agar tidak memberikan password akun Anda kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga maupun kepada pihak yang mengatas namakan Babypapayaid.
- Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Babypapaya jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Babypapayaid tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.
C. TRANSAKSI PEMBELIAN
Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
- Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Babypapayaid. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli.
- Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
- Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Babypapaya tergantung pada monitor komputer Pembeli. Babypapaya telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Babypapaya muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Babypapaya akan akurat.
- Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
- Pembeli memahami dan menyetujui terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka Babypapaya akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
- Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli selain melalui Rekening Resmi Babypapayaid dan/atau tanpa sepengetahuan Babypapayaid (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Babypapayaid atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
- Babypapayaid memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, Babypapayaid memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
- Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Babypapaya.
- Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran kepada pihak lain selain Babypapayaid. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
- Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. Babypapaya memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Babypapayaid, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem Babypapayaid.
- Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Babypapayaid (transaksi dianggap selesai).
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab Babypapaya. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Babypapaya adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pengembalian dana dari Babypapayaid kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
a. Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,
Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,
Babypapayaid tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
b. Babypapayaid sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Babypapayaid tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian L terkait Kartu Kredit.
c. Babypapayaid berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Babypapaya adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pembeli untuk mematuhinya.
Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Babypapaya Pembeli.
d.Babypapaya memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 10 hari sejak resi diinput oleh Babypapaya dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, Babypapaya memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan barang atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka babypapayaid memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
D. PENGIRIMAN BARANG
- Pengiriman Barang dalam sistem Babypapayaid wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan Babypapayaid yang dipilih oleh Pembeli.
- Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
E. KARTU KREDIT
- Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelian barang melalui Situs Babypapayaid.
- Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) dan maksimal Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah).
- Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh Babypapayaid dan mempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan Situs Babypapayaid.
- Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Babypapayaid, maka Babypapayaid berwenang untuk:
a. membatalkan transaksi;
b. menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Babypapayaid, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperluka sekurang-kurangnya 28 hari kerja;
c. melakukan pemotongan dana sebesar 10% (sepuluh persen) dari nilai transaksi.
- Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Babypapayaid.
- Kartu kredit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Babypapayaid hanya kartu kredit yang diterbitkan di Indonesia.
F. Transaksi pembelanjaan
I. Ketentuan Point Loyalti
Point loyalti adalah point yang di kumpulkan ketika pengguna melakukan transaksi dengan nominal pembelanjaan minimal sebesar Rp 50.000 lalu Anda sudah dapat 10 point, semakin banyak transaksi pembelanjaan Anda semakin banyak juga point yang akan Anda peroleh.Anda dapat menukarkan point yang Anda peroleh dari hasil transaksi di Babypapaya dengan barang barang yang telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk bisa Anda peroleh.Perubahan ketentuan syarat penukaran point loyalti dapat berubah sewaktu-waktu.
G. JAMINAN DAN TANGGUNG JAWAB
Babypapayaid selalu berupaya untuk menjaga Layanan agar tetap aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Babypapayaid memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time. Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Babypapaya atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Babypapayaid diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA". Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Babypapayaid (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Babypapayaid bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
- Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Babypapayaid.
- Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Babypapayaid.
- Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Babypapayaid.
- Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
- Kualitas Barang.
- Pengiriman Barang.
- Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
- Perselisihan antar pengguna.
- Pencemaran nama baik pihak lain.
- Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
- Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Babypapayaid, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan Babypapayaid ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
- Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses , atau menghubungkan ke layanan Babypapayaid.
- Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Babypapayaid.
- Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Babypapayaid.
- Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Babypapayaid yang diduga palsu.
- Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
- Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
H. GANTI RUGI
Pengguna akan melepaskan Babypapaya dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Babypapaya (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Babypapayaid yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
I. PILIHAN HUKUM
Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
J. PEMBAHARUAN
Syarat & ketentuan mungkin di ubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Babypapayaid menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Babypapaya, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & ketentuan.
Pembaruan terakhir : 17/03/2017